Mahasiswa KKN Undip Berkontribusi dalam Pembuatan Infografis Statistik Kependudukan untuk Publikasi Informasi di Desa Wonosegoro

  • Aug 07, 2023
  • KKN TIM II UNDIP

Batang (03/08/2023) - Pada setiap daerah, dibutuhkan data kependudukan untuk mengetahui dan memahami kondisi kependudukan daerah tersebut. Data tersebut dapat digunakan oleh pihak desa dalam menganalisis keadaan penduduknya yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penyajian data harus dilakukan dengan singkat, padat, lugas, dan menarik.

Di Desa Wonosegoro, data kependudukan sudah tersedia di balai desa, namun hanya dalam bentuk tabel monografi yang belum lengkap dan tidak ada visualisasi data. Oleh karena itu, Renata Majandra Aditya, mahasiswa KKN Undip yang berasal dari jurusan statistika, mengusulkan program kerja KKN yaitu pembuatan infografis statistik kependudukan beserta pelatihan membuat infografis kepada perangkat desa.

Infografis adalah media informasi yang dapat berbentuk teks dengan perpaduan gambar, grafik, ilustrasi, dan tipografi. Biasanya, infografis digunakan untuk merepresentasikan data agar penyajiannya mudah untuk dipahami dan dibaca. Menyajikan data dalam bentuk infografis akan memudahkan masyarakat dalam memahaminya karena penyampaian informasi secara visual mampu membuat kita lebih cepat paham dibandingkan penjelasan dengan teks saja.

Infografis statistik kependudukan yang dibuat berisikan gambaran visual mengenai data dan statistik terkait jumlah penduduk menurut jenis kelamin, usia penduduk, pendidikan dan pekerjaan, serta kondisi geografis di Desa Wonosegoro. Dengan adanya penyajian data dalam bentuk infografis, akan memudahkan masyarakat dalam memahami keadaan penduduk Desa Wonosegoro serta memudahkan pihak desa dalam menganalisis keadaan penduduknya.

Program ini diawali dengan mengumpulkan data terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pembuatan infografis serta pelatihan. Tindak lanjut dari program kerja ini adalah penyerahan infografis kepada pihak Balai Desa Wonosegoro, yang nantinya akan digunakan sebagai alat publikasi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, Renata juga menyelenggarakan pelatihan kepada perangkat desa tentang cara membuat infografis secara mandiri.

Pihak balai desa memberikan respon positif terhadap program yang dijalankan Renata. Mereka merupakan salah satu pemangku kepentingan yang dapat memanfaatkan infografis statistik kepedudukan beserta templatenya dalam pengembangan dan perbaikan kinerja balai desa terkait data statistik kependudukan. Melalui program ini, diharapkan infografis yang telah dibuat dapat menjadi publikasi informasi yang menarik dan mudah dipahami serta perangkat desa dapat memiliki keterampilan dalam menyajikan informasi dengan infografis secara menarik dan efektif.