Mahasiswa UNDIP Dorong Kesadaran BUMDes guna Mewujudkan Kesejahteraan Desa

  • Aug 06, 2023
  • KKN TIM II UNDIP
  • KKN Tim II Undip

Kabupaten Batang, 4 Agustus 2023 - Seorang mahasiswa dari Universitas Diponegoro (UNDIP) bernama Earlene Monica Valentia, yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wonosegoro, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, telah berhasil melakukan program kerja yang memberikan dampak sosial yang signifikan bagi masyarakat desa. Program tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lembaga desa mengenai pentingnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai wadah kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Earlene Monica Valentia dan timnya terinspirasi oleh potensi dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk jenis usaha BUMDes di Desa Wonosegoro. Selain itu, mereka juga merasa terpantik untuk merintis kembali BUMDes yang sempat berhenti sebelumnya agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

Melalui upaya sosialisasi yang berfokus pada membangkitkan kesadaran tentang pentingnya BUMDes sebagai kewirausahaan sosial yang berkelanjutan, tim mahasiswa UNDIP telah melaksanakan serangkaian kegiatan edukasi yang memberikan pemahaman mendalam tentang konsep BUMDes, jenis usaha yang bisa dijalankan, faktor kesuksesan yang relevan, pengembangan ide produk baru, serta berbagai peluang usaha yang bisa dijajaki oleh BUMDes.

Salah satu hasil nyata dari program ini adalah meningkatnya kesadaran dan pemahaman lembaga desa tentang peran BUMDes sebagai wadah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Beberapa BUMDes yang sempat terhenti kembali bergerak aktif, mengambil peran dalam mengembangkan potensi lokal, dan menciptakan berbagai produk dan layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa UNDIP yang telah membantu kami dalam memahami pentingnya BUMDes sebagai kewirausahaan sosial. Kehadiran mereka membawa banyak inspirasi dan ide-ide baru untuk menggerakkan kembali BUMDes di desa kami," ujar salah seorang pengurus BUMDes.

Earlene Monica Valentia menyatakan, "Kami merasa sangat bangga dengan hasil dari program ini. Melihat perubahan positif yang terjadi di masyarakat desa, kami merasa semakin termotivasi untuk terus berkontribusi dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat di desa ini."

Pemerintah Desa Wonosegoro juga memberikan apresiasi atas upaya dan kontribusi tim mahasiswa UNDIP dalam meningkatkan kesadaran BUMDes. Kepala Desa menyampaikan, "Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan usaha para mahasiswa UNDIP dalam membantu kami mencapai visi dan misi pembangunan desa yang lebih baik melalui BUMDes."

Program kerja Earlene Monica Valentia dan timnya telah menjadi contoh inspiratif dalam menggerakkan kembali BUMDes dan mengembangkan kewirausahaan sosial untuk kesejahteraan desa. Di masa mendatang, diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat desa lainnya, serta menjadi langkah nyata dalam memajukan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pedesaan