Produk Ternak “ASUH” untuk Mencegah Stunting? Apakah Bisa?

  • Aug 07, 2023
  • KKN TIM II UNDIP

Batang, Wonosegoro (05/08/2023) - Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2022/2023 bernama Tyas Layli Maulida yang tengah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wonosegoro, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, telah berhasil menggelar sosialisasi produk peternakan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal). Program ini bertujuan untuk mencegah stunting yang ditujukan pada ibu hamil melalui konsumsi protein hewani hasil produk peternakan yang ada di Desa Wonosegoro melalui sosialisasi produk peternakan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal).

Dengan latar belakang dari Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian, Tyas Layli Maulida memiliki pemahaman tentang pentingnya gizi yang seimbang dalam mengatasi masalah stunting pada balita. Melalui program kerjanya, Tyas Layli Maulida mengajak masyarakat Desa Wonosegoro untuk lebih memahami manfaat produk peternakan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) sebagai bagian dari upaya mencegah stunting.

Sosialisasi ASUH ini dilaksanakan di Balai Desa Wonosegoro yang dihadiri oleh 20 orang peserta mulai dari ibu PKK, orang tua pada posyandu balita, dan pihak puskesmas Bandar. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB yang diawali dengan penyampaian materi oleh puskesmas Bandar mengenai stunting selama 1 jam. Selanjutnya penyampaian materi dari KKN yaitu sosialisasi produk peternakan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) yang berlangsung selama 15 menit. Dengan memberikan penjelasan secara interaktif dan menyampaikan informasi mengenai manfaat produk peternakan ASUH, Tyas Layli Maulida berhasil mengajak para orang tua untuk lebih memahami pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi bagi kesehatan ibu hamil.

Selain itu, dalam sosialisasi ini juga didukung oleh pemberian poster dan leaflet yang berisi informasi tentang produk peternakan ASUH. Poster ditempelkan di balai desa dengan pertimbangan sebagai tempat yang selalui dijadikan sebagai pelaksanaan posyandu sehingga akan lebih banyak pembaca yang tertarik dan tepat sasaran. Disampaikan juga tips menyimpan makanan yang sesuai dengan konsep ASUH. Dengan dukungan visual tersebut, pesan mengenai pentingnya mencegah stunting dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh masyarakat.

Seorang bidan yang hadir dalam sosialisasi mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Saya sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi materi ASUH yang berhubungan dengan pencegahan stunting ini, saya berharap poster ini dapat saya ikutkan dalam lomba desa siaga," ujarnya.

Program kerja Tyas Layli Maulida sebagai mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Diponegoro telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Wonosegoro dalam upaya pencegahan stunting melalui konsumsi produk ternak yang ASUH pada ibu hamil. Di masa mendatang, diharapkan pengetahuan ini dapat terus disebarkan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat lainnya, serta menjadi langkah nyata dalam mendukung keberlanjutan posyandu balita di Desa Wonosegoro.

Penulis             : Tyas Layli Maulida – Prodi Peternakan/Fakultas Peternakan dan Pertanian